Buat Website Sendiri Gratis dan Mudah

Saat ini jasa pembuatan website yang ada di luaran sana cukup banyak. Jadi bukanlah hal yang sulit lagi jika anda ingin membuat website terbaik. Namun jika ada cara buat website sendiri gratis dan mudah, Mengapa anda tidak mencobanya? Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat website sendiri tanpa biaya. Dan pada artikel di bawah ini akan dijelaskan langkah-langkah membuat website sendiri.

Buat Website Sendiri Dengan Platform Gratis Ini

Saat ini untuk buat website sendiri bukanlah hal yang sulit, bahkan bagi pemula sekalipun. Apalagi saat ini ada beberapa platform atau aplikasi yang bisa digunakan membantu membuat blog atau website secara gratis. Dengan panduan sederhana saja anda bisa mudah membuat website sendiri dengan platform-platform dibawah ini.

1. WordPress

Jika berbicara mengenai platform pembuatan website yang gratis dan populer, maka wordpress menjadi pilihan yang paling utama. Buat website sendiri gratis dengan wordpress sangat mudah bahkan tanpa biaya. WordPress menawarkan 2 layanan utama dalam pembuatan website, yaitu WordPress.com dan Wordpres.org. Pengguna hanya perlu mendaftarkan di halaman website dan langsung membuat website dengan server hosting wordpress.

Platform ini terbilang cukup fleksibel, karena pengguna bisa menambahkan berbagai plugin, mengganti tema, bahkan bisa menggunakan tema sendiri. WordPress juga menyediakan fitur, tema, dan berbagai teknologi terbaru yang bisa digunakan baik gratis maupun berbayar.

2. Joomla

Selain WordPress, Joomla juga menjadi platform yang cukup banyak digunakan. Meskipun pengelolaannya tidak semudah seperti WordPress, namun pada beberapa aspek Joomla terbilang lebih fleksibel. Joomla menjadi pilihan terbaik jika pengguna ingin mengelola banyak custom post type. Joomla juga menjadi pilihan ideal jika ingin menjalankan website yang tidak fokus sepenuhnya dengan konten teks. Bukan hanya itu, Joomla juga menawarkan berbagai pilihan yang berkaitan pengelolaan maupun manajemen user. Inilah yang membuat Joomla menjadi CMS yang cukup populer

3. Drupal

Buat Website Sendiri Gratis

Drupal juga menjadi pilihan CMS open source yang terbaik. Meskipun popularitasnya tidak sebesar WordPress dan Joomla, namun Drupa juga layak untuk dicoba. Dalam praktiknya, ada banyak keunggulan yang dimiliki Drupal seperti halnya pada Joomla. Misalnya saja, CMS ini mempunyai sistem yang fleksibel dalam mengelola custom post type. Drupal juga menawarkan kendali tingkat lanjut bagi untuk user dan permissionnya. Bahkan Drupal juga bisa menangani situs multibahasa. Dan banyak pula yang menyatakan jika Drupal dinilai lebih aman dibandingkan dengan WordPress dan Joomla.

Langkah Membuat Website Sendiri Dengan Mudah

Setelah membahas mengenai platform mana saja yang bisa membantu untuk buat website sendiri gratis dan mudah. Maka kini anda bisa melanjutkan pada langkah-langkah pembuatan website seperti dibawah ini.

1. Tentukan Jenis Website Sebelum Buat Website Sendiri

Buat Website Sendiri Gratis

Sebelum akan buat website sendiri, maka anda harus menentukan bagaimana jenis website yang ingin dibuat. Terdengar sepele mungkin, namun ini tidak boleh dilewatkan. Dengan mengetahui jenis website apakah yang akan dibuat, anda bisa menghemat lebih banyak waktu. Saat proses pembuatan dan desain website, nantinya anda akan ditawarkan banyak pilihan. Baik dari segi teknis seperti disk space, hosting, bandwidth dan lainnya. Begitupun dengan desain dan functionality, seperti plugin, tema, kolom, widget dan masih banyak lainnya.

Adanya banyak opsi ini tentunya akan membingungkan bagi anda, apalagi jika masih pemula. Terlebih jika anda tidak memiliki gambaran jelas mengenai website apakah yang ingin dibuat. Karena itu penting untuk menentukan jenis website, apakah ingin membuat website pribadi, perusahaan, toko online, maupun lainnya.

Pastikan jika semua harus jelas dari awal buat website sendiri. Anda pun juga harus mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut. Misalnya saja jika website yang ingin anda buat adalah website pribadi. Anda harus sudah memastikan bagaimana gambaran website yang ingin dibangun. Bagaimana tampilannya, warnanya, maupun menu-menu yang ada di dalamnya. Begitupun saat ingin membuat website toko online. Pastikan sudah jelas mengenai produk yang akan dijual, spesifikasi, harga, metode pembayaran, tampilan website dan lain sebagainya.

2. Pilih CMS Yang Tepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak pilihan CMS atau platform yang bisa anda gunakan untuk buat website sendiri. Dan masing-masing CMS memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa menyesuaikan pilihan CMS dengan tujuan pembuatan website anda. Misalnya saja jika anda ingin mencari CMS yang gratis dan juga mudah, maka wordpress jadi pilihan yang tepat. Ada pula CMS yang cukup baik untuk kebutuhan toko online seperti misalnya Prestashop. Jadi pilih CMS sesuai dengan kebutuhan website yang ingin anda buat.

anda akan ditawarkan banyak pilihan. Baik dari segi teknis seperti disk space, hosting, bandwidth dan lainnya. Begitupun dengan desain dan functionality, seperti plugin, tema, kolom, widget dan masih banyak lainnya.

Adanya banyak opsi ini tentunya akan membingungkan bagi anda, apalagi jika masih pemula. Terlebih jika anda tidak memiliki gambaran jelas mengenai website apakah yang ingin dibuat. Karena itu penting untuk menentukan jenis website, apakah ingin membuat website pribadi, perusahaan, toko online, maupun lainnya.

Pastikan jika semua harus jelas dari awal buat website sendiri. Anda pun juga harus mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut. Misalnya saja jika website yang ingin anda buat adalah website pribadi. Anda harus sudah memastikan bagaimana gambaran website yang ingin dibangun. Bagaimana tampilannya, warnanya, maupun menu-menu yang ada di dalamnya. Begitupun saat ingin membuat website toko online. Pastikan sudah jelas mengenai produk yang akan dijual, spesifikasi, harga, metode pembayaran, tampilan website. 

3. Register Hosting dan Domain

Buat Website Sendiri Gratis

Langkah selanjutnya dalam pembuatan website adalah memilih hosting yang terbaik. Adapun kriteria dalam pemilihan hosting sendiri adalah sistem keamanan yang terjamin, kecepatan load baik, serta bisa diandalkan 24 jam penuh. Saat ini bukanlah hal yang sulit untuk memilih hosting. Apalagi ada banyak penyedia layanan hosting yang terpercaya di Indonesia.

Setelah pemilihan hosting selesai, maka kini anda akan berurusan dengan domain yang nantinya digunakan untuk website. Pastikan memilih nama domain yang pas. Domain yang unik, menarik dan mudah diingat akan sangat berpengaruh pada peningkatan traffic website anda.

4. Install SSL

Sebelum lanjut menginstal aplikasi untuk membuat website, maka anda wajib untuk install SSL atau Secure Socket Layer. Hal ini bukan hanya digunakan untuk pengamanan website saja. Namun menginstal SSL pada awal membuat website membuat anda tak perlu bekerja 2 kali. Sebab setiap aplikasi yang akan di instal di website akan langsung di scan oleh SSL. Akan tetapi SSL hanya dapat memindai aplikasi-aplikasi yang sudah dilengkapi pemasangan sertifikat SSL

5. Install Aplikasi Buat Website Sendiri

Setelah langkah-langkah diatas telah selesai dilakukan, maka lanjut kepada install aplikasi yang digunakan untuk membuat website sendiri. Misalnya saja jika anda ingin membuat website menggunakan WordPress. Maka anda bisa menginstall WordPress. Untuk install aplikasi bisa anda lakukan melalui Softaculous Apps Installer

6. Install Tema Website dan Plugin

Jika anda perhatikan pada bagian bawah lama instalasi melalui Softaculous, akan ada beberapa pilihan tema yang dapat digunakan dan diinstal. Anda bisa menggunakan bagian tersebut untuk install tema dengan mudah dan cepat. Atau jika anda menggunakan wordpress, bisa juga menginstall tema pada Dashboard WordPress secara langsung. Cari tema yang sesuai dengan website anda. Dan bukan hanya tema saja, anda juga diharuskan untuk menginstall plugin-plugin yang dibutuhkan. Dimana plugin ini akan sangat membantu pengoptimalan website yang anda miliki.

Langkah-langkah diatas sebenarnya sudah cukup untuk buat website sendiri. Sangat mudah bukan? Anda hanya perlu mengisinya dengan konten-konten yang sesuai dengan tujuan website tersebut. Namun tak ada salahnya untuk melakukan optimasi web. Baik dari segi kecepatan maupun SEO agar website bisa berjalan dengan lebih optimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *