Shared Hosting dan VPS

shared vs vps

Jika Anda ingin membuat situs website, Anda mungkin harus memilih hosting yang tepat untuk menempatkan website anda. Artikel kali ini akan membahas tentang dua jenis hosting yang mungkin dapat menjadi pilihan website Anda, yaitu Shared hosting dan VPS hosting.

Ada beberapa perusahaan menawarkan satu jenis hosting saja, dan banyak juga yang menawarkan kedua jenis hosting tersebut. Jadi, apa perbedaan antara Shared hosting dan VPS hosting?

Sederhananya, Shared hosting menyewa sebagian storage dalam komputer di cloud, dan penyedia hosting harus memastikan file tersimpan di internet. Sedangkan VPS hosting menyewa seluruh komputer Anda di cloud, dan tugas Anda adalah menyiapkan komputer tersebut dan menampilkan situs web Anda.

Ini seperti perbedaan antara menyewa kamar hotel dan menyewa apartemen. Di kamar hotel, Anda tidak bisa memindahkan barang, tapi Anda juga tidak perlu membersihkannya karena pemilik hotel akan membersihkannya untuk anda.

Berbeda dengan di apartemen, Anda harus membersihkan sendiri tetapi Anda dapat memiliki furniture apapun yang Anda inginkan. Dan keduanya sama-sama mempunyai kelebihannya masing-masing, dan sesuai dengan situasi yang berbeda.

Tugas Anda, saat ini adalah memilih diantara keduanya, dan memutuskan apa yang penting bagi Anda dan apa yang tidak – apakah Anda lebih suka kesederhanaan atau fleksibilitas.

Di sini kita akan melihat pro dan kontra masing-masing untuk membantu Anda membuat keputusan itu.

VPS Hosting

vps host

Ketika Anda membeli VPS, yang Anda lakukan adalah menyewa mesin; semua perangkat lunak yang berjalan pada mesin itu adalah pilihan Anda sendiri.

Ini memberi Anda banyak kebebasan untuk memotong dan mengubah perangkat lunak itu dan memutuskan apa yang ingin Anda jalankan dan bagaimana, tetapi ini juga membebani Anda untuk tetap up-to-date dengan patch keamanan.

Keamanan

Menjalankan VPS Anda sendiri mengharuskan Anda untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab atas perangkat lunak, dan Anda sendiri perlu mengurangi risiko. Semua perangkat lunak memiliki bug dan masalah keamanan, sehingga versi baru perangkat lunak server dirilis setiap saat.

Jika Anda pengguna WordPress, Anda pasti sudah familiar dengan ini. WordPress akan memberitahu Anda ketika ada pembaruan yang tersedia dan meminta Anda untuk menginstalnya.

Di sebagian besar Shared hosting, ini masih menjadi tanggung jawab Anda untuk  selalu memperbarui WordPress.

Namun di VPS yang menghosting, keamanan seluruh mesin adalah sesuatu yang perlu Anda lacak, tidak hanya WordPress, tetapi juga:

  • Perangkat lunak server web (Apache atau Nginx)
  • Server database MySQL
  • Operating System 

Semua hal ini perlu untuk selalu diperbaharui, dan Anda perlu melakukannya karena penyedia hosting VPS Anda tidak akan melakukannya untuk Anda.

Konfigurasi dan Perangkat Lunak

Anda bebas untuk mengkonfigurasi perangkat lunak VPS sesuka hati. Ini bisa menjadi hal yang baik jika Anda mahir secara teknis. Karena ini memberi Anda kemampuan untuk menyesuaikan situs web Anda.

Dan untuk kinerja dan untuk menyesuaikan bagaimana situs web Anda berjalan berdasarkan jumlah pengunjung yang Anda harapkan.

Tetapi Anda harus tahu apa yang perlu dilakukan, dan Anda harus tahu bagaimana melakukannya.

Dengan Shared hosting, penyedia hosting Anda melakukan semua itu untuk Anda, dan Anda tidak memiliki opsi untuk mengubahnya. Sekali lagi, ini adalah pilihan bagi Anda untuk memilih antara fleksibilitas dan kesederhanaan.

Jika Anda tahu apa yang Anda lakukan, sifat tetap dari hosting bersama mungkin terasa seperti hambatan, tetapi jika Anda tidak ingin mahir secara teknis, hosting VPS bisa membingungkan, terutama jika terjadi masalah.

Seberapa banyak penyedia hosting VPS akan membantu Anda dalam hal ini dapat sangat berbeda antar penyedia juga. Dari sudut pandang mereka, mereka bertanggung jawab untuk memberi Anda mesin untuk digunakan.

Dan masalah apa pun dengan mesin itu sendiri atau penyediaannya adalah hal-hal yang pasti akan mereka perbaiki.

Masalah dengan perangkat lunak yang Anda instal pada mesin, adalah cerita yang berbeda. Mereka tidak berkewajiban membantu Anda dalam hal itu.

Beberapa penyedia VPS masih akan menawarkan bantuan atau panduan tentang perangkat lunak mana yang akan diinstal dan cara mengkonfigurasinya.

Ini adalah sesuatu yang perlu diperiksa saat meninjau penyedia yang berbeda jika menurut Anda Anda akan membutuhkannya. Untuk dukungan nyata dalam hal ini, Anda dapat melihat hosting VPS terkelola yang akan kita bahas nanti.

Shared Hosting

shared host

Shared Hosting mungkin baik bagi Anda, jika Anda bukan ahli teknis. Tetapi Shared hosting sendiri memiliki pro dan kontra juga yang perlu dipertimbangkan.

Pengaturan dan Batasan

Seperti yang disebutkan, penyedia shared hosting memberikan cukup banyak pengaturan untuk Anda. Tetapi ini memiliki batasan bahwa Anda terjebak dengan pengaturan yang mereka putuskan untuk sediakan. Dan Anda hampir selalu tidak memiliki opsi untuk mengubahnya di semua.

Ini bukan hanya tentang kemampuan teknis. Sebagian besar penyedia hosting bersama hanya mengizinkan sekumpulan bahasa atau lingkungan pemrograman tertentu. Dan ini jarang berada di garis depan teknologi.

Jika Anda menggunakan WordPress, misalnya, ini tidak akan menjadi masalah: WordPress ditulis dalam PHP dan bekerja keras agar kompatibel dengan versi lama bahasa tersebut.

Jadi jika penyedia hosting menggunakan versi PHP yang lebih lama, hal itu kemungkinan tidak akan mempengaruhi penginstalan WordPress.

Namun jika Anda menggunakan perangkat lunak lain yang memerlukan versi PHP yang lebih baru, Anda perlu memeriksa apakah Shared hosting yang Anda lihat benar-benar menyediakan versi yang lebih baru.

Demikian pula, Shared hosting seringkali terbatas pada hosting HTML dan PHP, yang memotong daftar perangkat lunak web yang menggunakan bahasa lain seperti node.js, Python, atau Ruby.

Untuk menggunakan perangkat lunak yang tertulis di dalamnya, Anda hampir pasti harus beralih dari Shared hosting sepenuhnya dan beralih ke VPS.

Penyiapan Shared hosting juga sering kali cukup dibatasi untuk ruang penyimpanan, atau dapat membebankan biaya yang cukup tinggi untuk penggunaan penyimpanan.

Ini mungkin bukan masalah untuk situs web Anda. Tetapi jika Anda menyimpan banyak gambar atau file multimedia, video, atau audio penting, Anda harus memeriksa berapa banyak penyimpanan yang disediakan oleh paket Shared hosting, dan pertimbangkanlah .

Hosting VPS biasanya jauh lebih murah dengan ruang penyimpanan daripada Shared hosting (meskipun sekali lagi ini adalah sesuatu yang ingin Anda periksa.)

Masalah dan Komplikasi

Shared hosting juga dibagikan, karena itulah namanya. Artinya sebenarnya ini adalah Anda menyewa sedikit ruang di komputer tempat pelayanan hosting yang  juga menghosting situs web mereka.

Ini bukan masalah keamanan – situs web berbeda yang kebetulan berada di penyedia yang sama diisolasi satu sama lain – tetapi itu dapat berarti bahwa jumlah bandwidth dan waktu prosesor yang tersedia untuk situs web Anda dapat dipengaruhi oleh seberapa sibuk beberapa situs lain yang tidak terhubung.

Jika Anda tidak beruntung berbagi hosting dengan situs web lain yang tiba-tiba menjadi populer, hal ini dapat menyebabkan situs Anda berjalan lebih lambat, meskipun itu tidak ada hubungannya dengan Anda.

Penyedia Shared hosting kelas atas akan mendeteksi situasi ini dan mengkompensasinya sehingga situs lain yang tidak terhubung tidak terpengaruh.

Masalah ini sering disebut-sebut sebagai kesalahan serius pada Shared hosting, padahal sebenarnya tidak. Dalam praktiknya, tabrakan antara situs web yang berbagi hosting sebenarnya jarang menjadi masalah, tetapi itu masih perlu diingat.

Keuntungan

Salah satu keuntungan Shared hosting adalah penyedia dapat memberi Anda add-on, fitur tambahan, dan fungsionalitas, yang tersedia untuk Anda tanpa perlu bekerja. Sistem hosting bersama mungkin menyediakan:

  • Pencadangan otomatis
  • Log pengunjung
  • Statistik dan analitik
  • Manajer file
  • Penginstalan sekali klik untuk perangkat lunak umum
  • Hosting dan perutean email
  • Manajemen database

Daftarnya hampir tidak ada habisnya. Semua fitur ini tentu saja tersedia di hosting VPS jika Anda menginstal sendiri perangkat lunak yang berbeda, tetapi hal itu memerlukan kemampuan teknis untuk melakukannya.

Dengan shared hosting, jika hal-hal ini tersedia, mereka tidak memerlukan instalasi atau konfigurasi karena penyedia Anda mengaturnya untuk Anda.

Fitur tambahan seperti ini merupakan mayoritas dari apa yang bersaing dengan penyedia hosting bersama. Satu mungkin menawarkan layanan “tanpa tulang” dengan sedikit atau tidak sama sekali. Sementara yang lain layanan “termasuk baterai” dengan banyak fitur tambahan yang digabungkan sebagai bagian dari biaya bulanan Anda .

Ini jelas sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Jika Anda cukup teknis untuk mengetahui cara menginstal sendiri dan mengetahui mana yang lebih Anda sukai untuk menginstal. Maka host VPS memberi Anda kebebasan untuk memiliki apapun yang Anda inginkan. Jika tidak, lihat fitur yang disediakan oleh Shared host Anda. Dan pertimbangkan mana yang Anda perlukan dan mana yang tidak.

Scaling dan Traffic

Bergantung pada jumlah lalu lintas yang Anda harapkan untuk situs web Anda, mungkin ada baiknya memikirkan skalabilitas. Jika Anda mengharapkan tingkat lalu lintas yang konsisten, apakah itu tinggi atau rendah, itu tidak terlalu mempengaruhi pilihan Anda.

Jika Anda mengantisipasi lalu lintas rendah yang konsisten, Shared hosting akan baik-baik saja, dan lalu lintas tinggi yang konsisten akan meminta Anda untuk memeriksa batas bandwidth seperti yang disebutkan untuk setiap penyedia hosting.

Tetapi jika Anda mengharapkan lalu lintas Anda bervariasi – yaitu, kadang-kadang akan rendah dan kemudian kadang-kadang jauh lebih tinggi, mungkin untuk acara khusus yang jarang – maka host VPS akan sering mengizinkan peningkatan sementara ke ruang disk atau alokasi bandwidth Anda di mana hosting bersama tidak akan. Lalu lintas “bursty” semacam ini akan mengarahkan Anda ke hosting VPS.

Saat di mana Shared hosting akan mulai bermasalah dan Anda mulai melihat VPS yang lebih scalable mungkin sekitar 30.000 tampilan halaman per hari. Angka-angka ini dapat sangat bervariasi antara penyedia yang berbeda, tetapi jika Anda mengharapkan lebih dari itu, Anda mungkin ingin memindahkan hosting VPS lebih tinggi ke daftar prioritas Anda.

Bagaimana Memutuskan

Sekarang setelah Anda melihat berbagai aspek yang mempengaruhi keputusan Anda untuk menggunakan Shared hosting dan VPS hosting, berikut ringkasan hal-hal yang perlu dipertimbangkan. Ini belum tentu menjadi persyaratan yang membuat keputusan untuk Anda, tetapi ini adalah daftar periksa untuk membantu Anda mempersempit penyedia yang Anda inginkan, menjalankan layanan yang memberikan apapun yang Anda butuhkan.

Bakat teknis.

Jika Anda tidak bersedia mengambil tanggung jawab sebagai administrator sistem, atau jika Anda tidak memerlukan fleksibilitas VPS, Anda disarankan untuk mempertimbangkan Shared hosting. Tetap mengikuti pembaruan dan konfigurasi keamanan bisa jadi sulit dan melibatkan kerja keras.

Ruang penyimpanan dan bandwidth.

Jika situs Anda menyimpan banyak data atau diperkirakan akan sibuk (baik sepanjang waktu atau pada waktu puncak), Anda perlu mempertimbangkan batasan penyimpanan atau bandwidth apa pun dari penyedia Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *