Domain dan Web Hosting

domain dan hosting
ilustrasi Domain Hosting

Nama domain dan web hosting adalah dua layanan yang sangat berbeda. Bayangkan nama domain sebagai alamat jalan yang membantu orang menemukan dan mengakses lokasi situs web Anda.

Selain alamat digitalnya, situs web Anda memiliki file dan kode yang akan menghabiskan ruang dan perlu disimpan. Hosting web adalah ruang sebenarnya di komputer (server) tempat semua file situs web Anda disimpan, termasuk HTML, dokumen, dan media.

Jika Anda menganggap situs web Anda sebagai rumah dan nama domain Anda sebagai alamat, web hosting akan menjadi properti sebenarnya.

Sekarang setelah kita membahas dasar-dasarnya, jelas dan sederhana, kita dapat membahas lebih detail.

1. Apa Itu Nama Domain?

ilustrasi Domain

Seperti disebutkan sebelumnya, nama domain hanyalah nama Anda di internet atau apa yang diketik orang di bilah URL browser ketika mereka ingin mengunjungi situs web Anda. Contohnya adalah Google.com, Hotmail.com, atau Facebook.com.

Anda tidak dapat menyiapkan situs web tanpa mendapatkan nama domain terlebih dahulu. Tetapi jika Anda bertanya-tanya bagaimana tepatnya Anda melakukannya, itu mudah – Anda membeli satu dari pencatatan domain.

Setelah Anda membeli domain tertentu, domain tersebut menjadi milik Anda dan tidak ada orang lain di internet yang memiliki domain yang sama seperti milik Anda. Rangkaian karakter unik ini akan memberi situs web Anda identitas yang berbeda.

2. Berapa Biaya Pembelian dan memperbaharui Nama Domain?

uang
ilustrasi uang

Biaya nama domain bergantung pada beberapa faktor, seperti registrar domain mana yang Anda pilih dan apakah Anda akan menggunakan nama domain baru atau membeli yang lama.

Domain yang lebih lama, terutama yang memiliki nama satu kata seperti insurance.com, harganya mahal, dan proses mendapatkannya rumit. Setiap registrar memiliki biaya perpanjangan standarnya sendiri. 

Perlu diingat bahwa perpanjangan nama domain tergantung pada registrar domain yang Anda pilih, TLD (top-level domain) yang Anda pilih, dan lamanya waktu perpanjangan Anda.

Biasanya, semakin lama kontrak Anda, semakin murah tarif bulanan yang akan Anda dapatkan.

3. Apa TLD Utama untuk Domain?

Domain level atas (TLD) hanyalah segmen terakhir dari nama domain atau bagian pendek yang mengikuti titik. TLD juga disebut sufiks domain.

The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) adalah perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengelola nama domain dan alamat IP di internet. ICANN mengkategorikan TLD sebagai berikut:

  • gTLD (Domain Tingkat Atas Generik)
  • ccTLD (Domain Tingkat Atas kode negara)
  • sTLD (Domain Tingkat Atas Bersponsor)
  • iTLD (Infrastruktur Top-Level Domains)

TLD paling populer biasanya adalah domain generik. Beberapa TLD paling populer adalah:

  • .com – Komersial
  • .org – Komersial
  • .net – Komersial
  • .gov – lembaga pemerintah AS
  • .mil – Militer
  • .edu – Fasilitas pendidikan seperti universitas

4. Apa Pendaftar Domain Paling Populer?

Saat ini, pendaftar nama domain paling terpercaya adalah:

  • Domain.com
  • GoDaddy.com
  • Namecheap.com

Saat memilih pendaftar nama domain Anda, perhatikan hal berikut:

  • Harga: Setiap registrar domain menawarkan biaya harga dan biaya perpanjangan yang berbeda. Beberapa dari mereka juga memiliki biaya tersembunyi, jadi pastikan untuk memeriksa persyaratan layanan mereka.
  • Transfer domain: Pendaftar domain biasanya mengizinkan klien untuk mentransfer nama domain mereka dengan mudah tanpa membayar biaya tambahan. Namun, beberapa perusahaan sengaja membuat proses ini lebih rumit atau mengenakan biaya tambahan. Selalu periksa kebijakan transfer domain sebelum Anda memilih registrar domain Anda.
  • Kebijakan kadaluarsa domain: Nama domain memiliki tanggal kadaluarsa. Jika Anda tidak memperbarui nama domain Anda tepat waktu, itu akan kadaluarsa, yang berarti siapapun dapat mendaftarkannya sebagai milik mereka. Itulah mengapa sangat penting untuk memilih registrar nama domain yang menawarkan perpanjangan otomatis atau memberi klien masa tenggang untuk memperbarui nama domain mereka bahkan setelah habis masa berlakunya.
  • Layanan tambahan: Selalu periksa layanan lain yang disediakan oleh pencatat nama domain Anda. Anda mungkin tidak memerlukan layanan ini sekarang, tetapi banyak hal dapat berubah seiring pertumbuhan bisnis Anda. Dan layanan ini termasuk hosting email, pemasaran situs web, pemasaran email, dll.

5. Bisakah Saya Membeli Nama Domain Tanpa Hosting?

Jawaban singkatnya, “tidak”. Orang akan diarahkan ke situs web Anda di internet hanya jika Anda memiliki layanan hosting web yang memungkinkan Anda menyimpan file situs web Anda. Mendapatkan nama domain tanpa membeli host web pada dasarnya tidak berguna. Singkatnya, Anda memerlukan nama domain dan akun hosting untuk membuat situs web.

Tetapi jika pertanyaan Anda adalah “Dapatkah saya membeli nama domain dari satu perusahaan dan menggunakannya dengan perusahaan hosting web lain?”, Jawabannya adalah “ya”. Anda dapat mendaftarkan nama domain Anda dengan satu penyedia dan masih membeli paket hosting dengan layanan lain.

6. Bisakah Saya Menggunakan Nama Domain Saya Dengan Host Apa Saja?

Ya kamu bisa. Dimungkinkan untuk membeli nama domain dari satu perusahaan dan menggunakan perusahaan lain untuk hosting web. Anda memiliki dua opsi: Anda bisa mendapatkan nama domain dan hosting web sebagai paket 2-in-1 di penyedia yang sama atau hanya membeli domain saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *