Mengenal cPanel pada hosting

cPanel

Saat berselancar dan mencari web hosting, Anda pasti akan menemukan istilah cPanel pada hosting, baik itu VPS dan shared hosting. Dan apa sebenarnya host cPanel itu? cPanel bukanlah host, tetapi seperti panel kontrol. Ini adalah aplikasi web yang diinstal di server Linux, terutama distribusi CentOS, dan memberi Anda akses WHM dan cPanel. 

Dengan kata lain, berdasarkan sistem operasi Linux, berbagai control panel (seperti DirectAdmin, Webmin, dll) dapat diinstal, salah satunya adalah WHM / cPanel. Layanan shared hosting cPanel memberi Anda hanya cPanel terbatas (user-end) tetapi di VPS cPanel hadir dengan semua hak akses root dan juga WHM (admin-end).

cPanel adalah salah satu panel kontrol hosting web paling populer. cPanel dapat dijalankan di sistem operasi Linux dan merupakan alat paling terkenal untuk mengelola kebutuhan Anda dalam hosting situs web atau aplikasi, seperti server web, server email, zona DNS, database, melalui cara yang super mudah dan ramah GUI. 

cPanel adalah aplikasi Antarmuka yang sederhana dan fungsional yang mudah mengintegrasikan semua layanan di satu tempat dan memungkinkan pengguna untuk memilikinya dalam paket unggulan!

Keuntungan dari VPS cPanel

Menghemat waktu

cPanel time

Hal yang paling berharga adalah waktu. Karena kesederhanaan dan kemudahan penggunaan panel kontrol, banyak tugas teknis dilakukan hanya dengan beberapa klik, sehingga menghemat banyak waktu Anda.

Pengaturan

Saat Anda memulai sebuah situs web, selalu ada kekhawatiran tentang proses startup. Dengan menyederhanakan proses, panel kontrol sangat mengurangi masalah yang muncul saat menyiapkan situs.

Mencegah kesalahan

Meskipun setiap kesalahan selalu dapat perbaiki, dalam menggunakan panel kontrol dapat membantu Anda menghindari kesalahan berulang dan mengganggu.

Biaya

cPanel cost

Karena Anda dapat melakukan banyak tugas kompleks menggunakan panel kontrol, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk menyewa profesional untuk mengelolanya.

Mudah dipasang

Banyak panel kontrol mudah dipasang secara default. Dengan fitur ini, Anda dapat menginstal CMS berperforma tinggi seperti WordPress, Joomla, Prestashop, dan lainnya hanya dengan satu klik.

Lisensi

Dengan IP baru, perusahaan cPanel memberikan lisensi uji coba gratis dan berfitur lengkap selama 15 hari, tetapi sebagai hasilnya, setelah periode ini, lisensi harus dibeli untuk cPanel.

Sumber daya

RAM: Jumlah minimum yang dibutuhkan untuk RAM adalah 1GB dan jumlah yang disarankan adalah 2GB.Penyimpanan: Jumlah minimum yang diperlukan untuk penyimpanan adalah 20 GB dan jumlah yang disarankan adalah 40 GB.

Tempat membeli VPS cPanel

cPanel Shop

Alih-alih menginstal cPanel sendiri, Anda dapat dengan mudah memesan layanan VPS cPanel. Penyedia layanan ini menginstal sendiri cPanel di VPS Linux, dan beberapa dari mereka juga menyediakan layanan manajemen di server yang akan membantu Anda untuk mengunggah situs web Anda dan penyedia akan melakukan konfigurasi dasar lainnya di server Anda. Berikut ini daftar beberapa contoh bagus:

knownhost.com

knownhost menggunakan sistem virtualisasi OpenVZ. Harganya mulai dari $ 50,00 untuk RAM 2GB dan berakhir pada $ 150,00 untuk RAM 10GB. Lisensi cPanel uji coba gratis: Tidak.

operavps.com

OperaVPS menggunakan sistem virtualisasi VMware. Harganya mulai dari $ 13,99 untuk 1GB RAM dan berakhir pada $ 49,99 untuk RAM 6GB. Lisensi cPanel uji coba gratis: Ya.

hawkhost.com

Hawk Host menggunakan sistem virtualisasi OpenVZ. Harganya mulai dari $ 5 untuk 1GB RAM dan berakhir pada $ 80.00 untuk 16GB RAM. Lisensi cPanel uji coba gratis: Tidak.

soladrive.com

SolaDrive menggunakan sistem virtualisasi XEN. Harganya mulai dari $ 35 untuk RAM 2GB dan berakhir pada $ 95,00 untuk RAM 8GB. Lisensi cPanel uji coba gratis: Tidak.

iwebfusion.com

iWebFusion menggunakan sistem virtualisasi KVM. Harganya mulai dari $ 9,38 untuk RAM 4GB dan berakhir pada $ 64,99 untuk RAM 24GB. Lisensi cPanel uji coba gratis: Tidak.

Kesimpulan

Saran terbaik adalah gunakan cPanel pada hosting besama (shared) saat Anda berencana meluncurkan situs web sederhana. Tapi jika Anda memiliki banyak pengunjung dan memerlukan akses root untuk menyesuaikan host web, cPanel pada hosting VPS jauh lebih baik daripada shared hosting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *